Bagaimana caranya mempercepat waktu loading website

 

Berikut beberapa tips berikut  supaya kinerja website Anda bisa optimal:

  1. Hapus dan buang beberapa software yang tidak terpakai. termasuk plugin-plugin yang sudah tidak dibutuhkan, themes yang sudah lama, add-on yang tidak lagi dipakai, serta fitur-fitur tambahan lainnya yang tidak digunakan.  Karena seringkali software-software (script) semacam ini menumpuk dan membuat macet kinerja website Anda.  Jika tidak Anda gunakan, hapus saja!
  2. Usahakan untuk upload resulusi gambar yang sesuai dengan web anda. File-file gambar adalah salah satu faktor utama yang membuat page load time website Anda sangat tinggi (lama aksesnya). penting juga untuk membatasi jumlah penggunaan gambar pada halaman website Anda.  Pastikan ukuran gambar yang Anda tampilkan di website Anda sama ukurannya dengan ukuran file gambar yang Anda upload, jangan sampai lebih besar.  Sebisa mungkin Anda menggunakan file gambar yang terkompresi dengan baik tanpa harus mengorbankan kualitas gambarnya.
  3. Aktifkan CloudFlare (baca caranya disini).  CloudFlare adalah sebuah tool untuk melakukan caching, yang pada intinya akan mempercepat waktu loading website Anda.  Sebagian file-file website Anda akan dikumpulkan pada server-server CloudFlare di seluruh dunia (caching), dan file-file website Anda tersebut akan diberikan kepada para pengunjung website Anda dari lokasi server CloudFlare yang terdekat – sehingga waktu loading website Anda di hadapan para pengunjung website Anda akan terasa lebih cepat.
Hal-hal tersebut diatas hanyalah sedikit tips-tips saja tentang bagaimana kita bisa mempercepat waktu loading website kita.  Anda bisa melakukan pengukuran tentang seberapa cepat waktu loading website Anda dengan menggunakan GTMetrix atau yang sejenis.  Jasa-jasa semacam ini bahkan terkadang memberikan kita tips/trik lanjutan tentang bagaimana kita bisa mempercepat waktu loading website kita!
Apabila website kita sudah benar-benar optimal, kinerja CPU dan RAM pada server hosting kita takkan lagi terbebani dengan pemrosesan website kita itu sendiri, dan pada akhirnya bisa lebih banyak melayani traffic pengunjung website kita.  Cobalah selalu untuk mengusahakan agar website kita “ringan” dan optimal, maka Anda akan memperoleh lebih banyak sukses dalam usaha online Anda.  Apabila Anda membutuhkan solusi khusus yang berkaitan dengan peningkatan kecepatan waktu loading website Anda dan bagaimana cara menangani loading website dengan traffic yang memiliki volume besar (misalnya 10.000 pengunjung per harinya), hubungi Dewaweb segera  ahlinya!
Sumber : Demaweb
Previous
Next Post »